Rabu, 18 Maret 2015

Schwarzwald

Schwarzwald atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Black Forest adalah kawasan hutan di negara bagian Baden-Württemberg, selatan Jerman, yang memanjang hingga ke perbatasan Swiss dan Perancis. Hutan ini kerap menjadi latar dari dongeng-dongeng Gebrüder Grimm yang tak terhitung jumlahnya. Dibalik kesan mistis dan garangnya, Schwarzwald menyimpan keramahan, tradisi dan budaya yang kuat dari penduduk disekitarnya, serta indahnya panorama alam. Salah satu cara untuk menikmati kesegarannya adalah dengan bersepeda.

 

Bersepeda merupakan salah satu dari beragam kegiatan yang dapat dilakukan di Scwarzwald. Jika Anda seorang goweser, seorang petualang, maka jangan lewatkan Scwarzwald dalam lawatan Anda ke Jerman. Jika ingin bersepeda tanpa harus mengeluarkan tenaga ekstra karena melalui tanjakan yang berat, terdapat jalur sepanjang 240 km di bagian selatan  Schwarzwald.

 http://www.schwarzwald-tourismus.info/var/stg/storage/images/media/pressebilder/fotos-fuer-redaktionen/natur/schwarzwald-bauernhoefe-muenstertal/73915-1-ger-DE/Schwarzwald-Bauernhoefe-Muenstertal_front_large.jpg

 Jalur ini telah dikukuhkan sebagai 4-star Quality Route oleh ADFC atau asosiasi sepeda Jerman. Sepanjang rute bintang empat ini Anda akan dimanjakan oleh pemandangan alam yang indah, udara segar, dan juga jalan yang bebas kendaraan bermotor. Medan jalan sudah beraspal dan tidak ada tanjakan ekstrim yang menguras tenaga sehingga rute ini cocok untuk bersepeda santai bersama keluarga dan anak-anak. Titik awal dari tur sepeda santai ini adalah Hinterzarten, sebuah resort village pada ketinggian 885 mdpl. Rute sepeda santai ini merupakan rute yang memutar, dari Hinterzarten Anda akan bersepeda menuruni ketinggian melewati pegunungan, padang yang agak gersang, dataran tinggi Baar dengan pemandangan Wutach Canyon yang mengesankan.

 Goweser akan diajak menyeberangi sungai Rhine, menikmati kota-kota kecil abad pertengahan di tepian sungai. Anda juga akan melewati kota Basel di Swiss kemudian diikuti tur pendek di Huningue. Huningue adalah French Town, terletak di ujung area konservasi alam tertua bernama Petite Camargue. Setelah sedikit melewati wilayah Swiss dan Perancis, penikmat sepeda akan kembali ke Jerman menyusuri Bad Krozinger. Di Bad Krozinger banyak terdapat pemandian air panas alami. Selain itu taman anggur akan menemani di kiri dan kanan selama perjalanan hingga sampai di kota tua Freiburg. Dari Freiburg rute berlanjut dengan menyusuri lembah sungai Dreisam hingga ke statsiun Kirchzarten. Dari Kirchzarten kembali ke Hinterzarten menggunakan kereta menembus hutan atau bisa lanjut bersepeda melalui gunung Feldberg. Untuk menempuh rute sepanjang 240 km ini diperlukan kurang lebih 3-4 hari. Anda dapat singgah dibeberapa kota sepanjang rute untuk beristirahat.

 

Mengasyikan bukan? Jika ingin menikmati pesona alam Schwarzwald dari atas sepeda, Anda dapat menuju Hinterzarten dari kota besar terdekat, seperti Stuttgart, Karlsruhe, atau Strasbourg di Perancis. Dari Stuttgart Anda naik kereta selama 3 jam, lalu turun di dua statsiun (Rottweil & Neustadt) untuk berganti kereta sebelum akhirnya sampai di Hinterzarten. Sedangkan dari Strasbourg Anda dapat menempuh perjalanan kurang lebih selama 2 jam dengan naik kereta. Anda juga harus dua kali berganti kereta di Stasiun Offenburg dan Freiburg. Anda hanya perlu satu kali berganti kereta di statsiun Freiburg jika berangkat dari Karlsruhe. Perjalan Karlsruhe ke Hinterzarten berdurasi dua jam. Tempat penyewaan sepeda dapat ditemukan di stasiun-stasiun kereta dan penginapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar