Minggu, 08 Maret 2015

Mole Antonelliana


Jika berjalan-jalan di kota Turin, Italia, mata Anda pasti akan dengan mudah menangkap sebuah gedung tinggi dengan menara menjulang di bagian atas kubahnya. Bangunan tersebut adalah The Mole Antonelliana, salah satu landmark utama Turin yang juga merupakan monumen tertinggi di Italia ini adalah karya seorang arsitek bernama Alessandro Antonelli di tahun 1863. The Mole yang namanya diambil dari nama arsitek yang merancangnya ini terletak di sebelah tenggara kota Turin ini
T
Pembangunan The Mole yang tingginya mencapai hingga 167,5 meter ini sempat mengalami beberapa masalah hingga akhirnya selesai pada tahun 1889. Namun pada bulan Agustus 1904, sebuah petir menyambar patung yang berada di atas bangunan. Patung tersebut akhirnya digantikan dengan sebuah bintang. Pada tahun 1958 sebuah badai menghancurkan bagian bangunan di ketingian sekitar 47 meter dari puncak. Bagian yang rusak tersebut akhirnya dibangun kembali pada tahun 1961 dengan struktur logam yang ditutupi batu tebal. Bangunan ini awalnya dibuat sebagai Sinagoga (tempat ibadah masyarakat Yahudi). Namun karena situasi politik yang tidak kondusif dan permasalahan keuangan pada tahun 1876, akhirnya kaum Yahudi di Turin memutuskan untuk menghentikan pembangunan tempat ibadah ini. Pemerintah kota Turin kemudian mengambil alih pembangunannya untuk kemudian dijadikan sebagai Museum Risorgimento. Museum ini menempati bangunan The Mole sejak tahun 1908 hingga tahun 1938, sebelum akhirnya dipindah ke Palazzo Carignano pada tahun 1938.
Sejak tahun 2000, The Mole Antonelliana ditempati Museo Nazionale del Cinema. Salah satu bangunan kebanggaan masyarakat kota Turin yang terdiri dari lima lantai ini memilikisebuah lift panorama yang dibuka sejak tahun 2000 dengan dinding kaca transparan. Lift ini akan membawa Anda menuju puncak menara. Ketika berada di puncak, maka pegunjung akan disuguhi pemandangan seluruh kota Turin yang tentunya sayang untuk dilewatkan. Untuk bisa naik ke puncak menggunakan panoramic lift, Anda harus membayar tiket sebesar €4.50 (4.50 Euro) untuk sekali naik, atau membeli tiket terusan museum sinema seharga €8.00. Di salah satu sisi kubah bangunan juga terdapat angka Fibonacci yang terbentu dari lampu neon merah. Dekorasi tersebut adalah hasil karya seni artistik Il volo dei Numeri (Flight of Number) oleh Mario Merz .
The Mole Antonelliana dibuka setiap hari Selasa hingga Jum’at, serta hari Minggu pada pukul 10.00-20.00, sementara pada hari Sabtu dibuka pada pukul 10.00-23.00. Harga tiket masuk ke tempat ini adalah ini sama dengan biaya masuk ke Museo Nazionale del Cinema yaitu sebesar €7.00 untuk dewasa, €5.00 untuk pengunjung berusia dibawah 26 tahun dan lansia di atas 65 tahun. Untuk pelajar berusia 6-18 dan rombongan sekolah, harga tiket hanya dikenakan biaya €2.00. Sementara untuk anak-anak dibawah 5 tahun tidak dikenakan bea masuk alias gratis.
Untuk menjangkau tempat yang berlokasi di Via Montebello 20 ini, Anda dapat menggunakan kereta cepat (metro) seharga €1.50 dari stasiun Porta Nuova atau Porta Susa untuk sekali perjalanan. Kita juga dapat menggunakan bus nomor 55, 56 dan trem nomor 13 menuju Piazza Castello. Jika berada di dalam kota Turin, maka pengunjung dapat menggunakan bus kota (GTT) nomor 13, 55, 56 dan 72 menuju pemberhentian di Porta Nuova. Bus kota di Turin melayani penumpang dari pukul 05.00 hingga tengah malam. Harga tiket GTT sebesar €1.50 untuk validasi selama 90 menit, €5.00 untuk tiket harian, paket 5 tiket seharga €6.50 dan paket 15 tiket seharga €17.50. Kita juga dapat menggunakan taksi yang tersebar di seluruh kota Turin jika Anda ingin menikmati perjalanan yang lebih eksklusif, tapi tentu saja dengan biaya yang lebih mahal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar