Minggu, 08 Maret 2015

Kalahari

Kalahari adalah savana berumput amat luas yang membentang dari Namibia ke Zimbabwe serta meliputi bagian Afrika Selatan dan Botswana.
Sementara Kalahari sering disebut gurun, penyebutan ini sebenarnya tidak tepat. Bagian terbesar Kalahari bukanlah daerah berpasir melainkan dataran dengan pepohonan, rumput, dan aneka satwa liar.

 
Banyak bagian Kalahari memiliki status sebagai taman satwa liar untuk melindungi spesies yang bermigrasi melintasi wilayah tersebut.
Kalahari meliputi area seluas 259.000 kilometer persegi dan memiliki curah hujan yang berkisar antara 13 cm hingga 51 cm per tahun.
Berbagai hewan dan tumbuhan dapat ditemukan hidup di Kalahari yang terbentuk lebih dari 60 juta tahun yang lalu.
Kalahari pada awalnya adalah basin (cekungan) pasir yang terisi air. Akibat proses selama ribuan tahun, air akhirnya mengering meninggalkan lapisan pasir merah.
Seiring menghilangnya air, berbagai tumbuhan mulai hidup untuk kemudian menyediakan habitat dan sumber makanan bagi berbagai hewan.
Beberapa bagian Kalahari diketahui memiliki deposit garam putih dalam jumlah besar.
Berbagai tumbuhan yang hidup di Kalahari termasuk camel thorn tree, shepherd tree, black thorn, desert melon, ghaap, devil’s thorn, dan berbagai jenis rumput.
Sebagian besar tanaman ini mampu hidup dalam kondisi minim air dan iklim yang ekstrim.
Camel thorn tree merupakan tumbuhan yang paling terkenal di Kalahari dan muncul dalam banyak film tentang daerah tersebut.
Banyak hewan herbivora termasuk eland, springbok, dan gemsbock hidup di wilayah ini dan menjadi mangsa berbagai predator seperti singa dan cheetah.
Hyena, meerkat, dan di beberapa daerah, gajah dan badak juga hidup di Kalahari. Banyak jenis burung terbang bebas pula di langit Kalahari.
Kalahari juga menjadi tempat beberapa kelompok manusia nomaden termasuk San, yang juga dikenal sebagai Bushmen, dan Kanembu.
Orang San sangat dikenal karena bahasa khas mereka yang menggabungkan antara bunyi seperti peluit dan klik.
Tinggal di Kalahari bisa menjadi sangat sulit. Kebanyakan makanan harus diburu dan dikumpulkan tanpa adanya kemungkinan beternak atau bercocok tanam.
Orang yang tinggal di Kalahari juga harus terus berpindah mengikuti rute migrasi hewan dan cuaca.
Kalahari adalah tujuan populer bagi wisata safari. Wilayah ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan beserta lingkungan terisolasi yang memikat banyak pengunjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar