Minggu, 08 Maret 2015

Guam

Pulau Guam memiliki nama resmi The United States (US) Territory of Guam.
Pulau ini termasuk dalam wilayah AS yang memiliki pemerintahan sendiri meskipun dengan kewenangan terbatas.

 

Terletak di Samudra Pasifik Barat, Guam adalah pulau terbesar dari semua Kepulauan Mariana. Guam terletak sekitar 5311 km sebelah barat Kepulauan Hawaii.
Pulau ini memiliki iklim laut tropis dengan kondisi hangat dan lembab. Guam mengalami badai tropis yang terjadi sekitar 3 kali setahun serta topan meskipun lebih jarang terjadi.
Guam merupakan salah satu tujuan wisata terkemuka di Pasifik Barat. Pulau ini memiliki panjang sekitar 74 km dan lebar 6,5-13 km.

 

Guam memiliki daerah perbukitan, sungai, dan air terjun. Pulau ini juga menawarkan banyak teluk dan tebing yang mencapai ratusan meter di atas permukaan laut. Ferdinand Magellan yang merupakan penjelajah Spanyol adalah yang pertama berlabuh di Guam pada tahun 1521.
Pulau ini diklaim sebagai milik Spanyol pada tahun 1565 oleh Jenderal Miguel Lopez de Legazpi. Spanyol lantas mulai menjajah Guam pada tahun 1668.
Dari akhir tahun 1600-an hingga 1800-an, Guam digunakan sebagai titik perhentian di sepanjang rute perdagangan antara Meksiko dan Filipina.

Pada tahun 1898, Guam jatuh ke tangan Amerika Serikat selama Perang Spanyol-Amerika.
Angkatan Laut AS mengambil alih kekuasaan di pulau tersebut dan menjadikannya sebagai basis pengisian bahan bakar dan komunikasi sampai tahun 1941.
Pada Perang Dunia II, di awal Desember 1941, angkatan bersenjata Jepang menyerbu Guam. Selama hampir tiga tahun, Guam diduduki oleh Jepang.
Pada tanggal 21 Juli 1944, Amerika Serikat kembali berusaha merebut Guam dan terlibat dalam Pertempuran Guam.
AS berhasil merebut kembali pulau itu dan menjadikannya sebagai salah satu wilayahnya hingga sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar