Minggu, 08 Maret 2015

Penyebab Umum Sakit Kepala


Sakit kepala tidak hanya mempengaruhi kualitas hidup seseorang melainkan juga akan menurunkan kualitas kerja dan produktivitas secara signifikan. Penelitian menunjukkan bahwa dalam setahun, sakit kepala migran menyebabkan hilangnya 150 juta hari kerja dan lebih dari 300.000 hari sekolah di Amerika Serikat.
Statistik ini menunjukkan meskipun nampak sepele, sakit kepala bisa berdampak luar biasa bahkan secara nasional. Artikel berikut hendak membahas beberapa penyebab umum sakit kepala yang harus Anda ketahui.

Penyebab Umum Sakit Kepala

Sakit kepala diketahui bisa mempengaruhi produktivitas namun jarang menjadi kondisi yang mengancam nyawa.
Namun, sakit kepala parah, yang muncul tiba-tiba atau tidak biasa dapat menjadi tanda dari penyakit serius dan tidak boleh dianggap enteng.
Seseorang yang mengalami sakit kepala dengan karakteristik tersebut harus segera mencari perawatan medis dari profesional kesehatan.
Di bawah ini adalah daftar penyebab paling umum sakit kepala:
1. Dehidrasi
Karena gaya hidup yang sibuk, konsumsi besar diuretik (zat yang meningkatkan produksi urin dan menyebabkan hilangnya air dari tubuh) seperti kafein dan alkohol ditambah kurangnya asupan air, akan memicu dehidrasi.
Dehidrasi pada gilirannya akan menyebabkan penyusutan meninges (selaput yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang) sehingga menyebabkan peregangan dan memicu nyeri.
2. Stres
Sakit kepala yang disebabkan oleh stres adalah jenis paling umum sakit kepala yang terjadi pada orang dewasa.Perempuan dua kali lebih mungkin menderita sakit kepala karena stres dibandingkan pria.
3. Demam tinggi
Sakit kepala dapat terjadi saat suhu tubuh tinggi (lebih dari 38 °C) yang mungkin disebabkan oleh kondisi atau penyakit tertentu.
4. Trauma kepala atau leher
Sakit kepala mungkin timbul akibat cedera kepala. Sakit kepala setelah cedera kepala ringan umumnya akan hilang setelah beberapa jam.
Jika sakit kepala berlangsung lebih dari satu hari, pasien harus berkonsultasi dengan dokter untuk mendiagnosa kemungkinan terjadinya kerusakan pada otak atau tengkorak.
5. Sinusitis
Sakit kepala dapat disebabkan oleh sinusitis (peradangan pada selaput lendir yang melapisi rongga pernapasan), meskipun kondisi ini juga mungkin timbul akibat flu biasa.
6. Efek samping obat
Sakit kepala dapat timbul sebagai efek samping konsumsi obat-obatan atau alat kontrasepsi tertentu.
7. Glaukoma
Jika sakit kepala terjadi diikuti dengan mual atau muntah dengan penglihatan yang kabur, segera hubungi dokter untuk memeriksa apakah terdapat keterkaitan dengan glaukoma.
Glaukoma adalah penyakit mata akibat terjadi produksi berlebihan cairan (air) mata atau cairan mata yang tidak mengalir dengan lancar.
Kondisi ini pada akhirnya menyebabkan peningkatan cairan di dalam mata dan memicu sakit kepala.

Peringatan!

Sakit kepala parah akut yang mempengaruhi seluruh kepala dan berhubungan dengan demam, sensitivitas terhadap cahaya, dan leher kaku mungkin menunjukkan proses infeksi, seperti meningitis.
Begitu pula sakit kepala parah yang tiba-tiba muncul dapat menjadi tanda dari penyakit serius dan tidak boleh dianggap enteng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar