Sabtu, 21 Maret 2015

Elbphilharmonie

Elbphilharmonie akan menjadi landmark penting dari Hafencity, Hamburg, dan Jerman bagian utara. Hingga kini para Hamburger (warga Hamburg) dan Jerman masih harus menunggu rampungnya gedung dengan arsitektur spektakuler itu. Meski belum selesai dibangun, wisatawan diperbolehkan mengunjungi Elbphilharmonie.

 http://momentum-magazin.de/de/files/2012/11/Elbphilharmonie.jpg

Pembangunan Elbphilharmonie menghabiskan sekitar 500 juta euro dan termasuk gedung termahal kedua di Eropa. Concert hall tersebut dirancang sejak tahun 2003, mulai dibangun pada tahun 2005, dan diperkirakan selesai pada musim panas 2016. Arsitekturnya terbilang spektakuler. Konstruksi bangunan terdiri dari kaca dengan bagian atap bergelombang dan runcing seperti mahkota. Bangunan kaca tersebut dibangun tepat di atas bangunan kubus Kaispeicher A, yaitu gedung bersejarah yang dulunya berfungsi sebagai gudang penyimpanan kakao, teh, dan tembakau di tepi sungai Elbe. Bangunan tua berkonstruksi bata merah tersebut akan digunakan sebagai tempat parkir, restoran, klinik kesehatan, area konferensi hotel, dan ruang konser berkapasitas 170 penonton. Sedangkan bangunan baru di atasnya berfungsi sebagai 200 kamar hotel, 45 apartemen, ruang konser kecil dengan 550 tempat duduk, dan ruang konser utama berkapasitas 2.150 tempat duduk. Ruang konser utama ini memiliki desain menyerupai perkebunan anggur yang merentang dari lantai 12 hingga lantai 17. Di bangunan kaca tersebut juga terdapat plasa di mana para pengunjung dapat menikmati pemandangan 360° dari sungai Elbe dan kota Hamburg.

 

Setiap hari Minggu terdapat tour guide yang siap memandu pengunjung berkeliling ruang konser dan bagian dalam konstruksi Ebphilharmonie selama 90 menit. Tur tersedia mulai pukul 10.00 hingga 16.00. Namun sayangnya panduan hanya tersedia dalam bahasa Jerman seharga € 5,00. Tiket tur Ebphilharmonie ini harus dipesan dua bulan sebelumnya. Untuk mencapai gedung spektakuler ini dapat naik bus 111 menuju Magellan-Terassen, bus 6 dan berhenti di halte Auf dem Sande, subway U1 menuju Meβberg, U4 menuju Überseequartier, atau dengan menggunakan ferri 72 dan berhenti di pelabuhan Elbphilharmonie. Selama di Hamburg Anda dapat menginap di My Place Hotel, Hotel am Rothenbaum, atau Dorint Hotel Hamburg Eppendorf. Destinasi menarik lainnya adalah St. Nikolai Memorial, Museum Yahudi, dan wisata Berlin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar