Sabtu, 21 Maret 2015

Bersantai di NEMO Rooftop AMsterdam

NEMO adalah pusat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi terbesar Belanda yang terletak di Amsterdam. Wisata edukasi ini memiliki banyak peralatan canggih, interaktif, dan menyenangkan. Kesenangan itu tak hanya didapatkan di dalam ruangan, di rooftop tersedia teras luas dan sangat cocok untuk bersantai.

http://eropa.panduanwisata.id/files/2014/07/22-1.jpg

Bangunan hijau mencolok berbentuk lambung kapal di Oosterdok didesain tak hanya untuk mengedukasi pengunjungnya tapi juga memberikan kemewahan waktu luang. Setelah lelah belajar sambil bermain di Nemo Science Center, saatnya Anda beristirahat di bagian rooftop. Di atap bangunan Nemo setinggi 22 meter terdapat roof terrace terluas di Amsterdam. Sesuai dengan visi sang Arsitek, Renzo Piano, mengenai sebuah lapang yang menatap kota, teras di atap gedung Nemo itu menyajikan panorama spektakuler kota tua Amsterdam dan pelabuhan. Dari atas Nemo Anda bisa melihat bangunan penting disekeliling, seperti Museum Haven yang mengoleksi beberapa perahu di awal abad 20. Kemudian di arah timur terdapat bangunan Museum Maritim dan kapal legendaris VOC. Bergeser ke sisi barat, disuguhi lanskap pengembangan Oosterdok.

 http://eropa.panduanwisata.id/files/2014/07/22-3.jpg

Meski disediakan beberapa kursi, rancangan yang berundak-undak membuat kita bisa duduk-duduk nyaman di lantai. Sebuah papan catur raksasa beserta bidak-bidaknya menantang para pengunjung untuk bermain. Layaknya adegan di film Harry Potter and The Sorcerer’s Stone, Anda pun bisa memilih untuk berperan jadi salah satu bidaknya, baik itu prajurit, kuda, menteri, atau bahkan raja. Di lantai paling atas disediakan sebuah cafĂ©, sehingga kemewahan waktu luang Anda akan semakin lengkap dengan ditemani segelas minuman. Pada musim panas, Nemo Terrace Roof adalah salah satu tempat paling favorit dikunjungi amsterdamers bersama kerabat atau keluarga mereka. Para orang dewasa cenderung duduk santai menikmati sinar matahari, mengobrol sambil ditemani segelas minuman menyegarkan. Sedangkan anak-anak sibuk bermain splashing water wonder. Begitu matahari bersinar 4000 liter air mengalir ke 30 kolam dan wadah yang ada di rooftop. Pengunjung hanya perlu memutar keran dan roda pada pipa, kemudian air akan menyembur keluar dari arah yang tak terduga sama sekali. Permainan air ini dinilai salah satu masterpiece dari Renzo Piano.

 


Nemo Terrace Roof dapat diakses tanpa perlu membeli tiket masuk. Anda dapat menaiki tangga di sisi timur gedung atau menggunakan lift dari dalam lobi. Outdoor space ini buka setiap hari sepanjang musim panas, yaitu bukan Mei – Agustus pukul 10.00 – 24.00. Sedangkan di luar bulan tersebut hanya dapat dikunjungi pada hari Selasa – Minggu, pukul 10.00 – 17.00. Namun teras akan ditutup jika cuaca buruk atau ada event-event tertentu. Nemo bisa dicapai dengan 10 menit berjalan kaki dari Centraal Station Amsterdam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar