Rabu, 18 Maret 2015

Muiderslot

Muiden, kota kecil di Provinsi Belanda Utara, hanya berjarak 15 km dari Amsterdam. Kota di sebelah tenggara ibu kota ini menyimpan peninggalan terbaik abad pertengahan yang dimiliki Belanda, yaitu Muiderslot. Kastil di Muiden itu juga masuk ke dalam daftar Warisan Dunia milik UNESCO.

 

Muiderslot berdiri di mulut Sungai Vecht yang dulu aliran airnya menuju Zuidersee. Kastil tersebut berfungsi sebagai istana raja, sekaligus pengadilan dan penjara nasional. Bangunan mengesankan ini pertama kali dibangun tahun 1285 oleh Count Floris V. Ia merupakan sekutu dari kerajaan di Perancis dan kemudian juga berteman dengan Raja Edward dari Britania. Tahun 1296 sekelompok ksatria menangkap Floris ketika ia tengah berburu dan dipenjarakan di kastilnya sendiri. Di tengah ancaman pengepungan para pemberontak itu melarikan diri dan membawa Floris. Di sekitar Muiderberg secara brutal mereka membunuh pemilik Muiderslot itu. Dalam kekosongan kekuasaan, kastil dibakar oleh seorang uskup dari Utrecht. Baru pada tahun 1370 sebuah kastil baru dibangun di atas situs Muiderslot yang lama dan berabad-abad kemudian Pieter Corneliszoon Hooft menjadi penghuni baru kastil cantik itu. Ia dijuluki sebagai Shakespeare-nya Belanda, ia menulis prosa, puisi, dan bukunya yang terkenal adalah De Nederlandsche Historiƫn.

 

Kastil di Muiden ini dikelilingi parit, di dalamnya dihiasi karya seni dan objek keseharian dari Hooft. Berkeliling peninggalan abad pertengahan Belanda ini pengunjung akan melihat kemegahan aula ksatria atau Knight’s Hall, menara, dan ruang bawah tanah. Pemutaran film dokumenter dapat disaksikan di kapel istana, kemudian terdapat

 

ruang persenjataan yang memajang koleksi senjata mengagumkan. Anak-anak dapat mengikuti permainan detektif, terlibat dalam sebuah penyelidikan seru dan membawa mereka menjelajahi Muiderslot. Kebun herbal dan sayuran pun bisa dikunjungi, membuat kita terlarut dalam suasana Renaissance.

 

Muiderslot dapat dikunjungi setiap hari Senin hingga Jumat, pukul 10.00 – 17.00 dan pada hari libur nasional pukul 12.00 – 17.00. Harga tiket masuknya sebesar €12,50, sedangkan untuk anak-anak usia 7 – 11 tahun hanya perlu membayar €7,50, dan anak dibawah 3 tahun gratis biaya masuk.
Tempat ini bisa dicapai dengan menggunakan bus 320, 322, 327, atau 328 dari Amsterdam Centraal Station. Alternatif lain adalah naik kereta menuju Weesp, kemudian disambung dengan bus menuju Muiden. Namun jika Anda seorang petualang, bersepeda ke Muiderslot sangat menyenangkan karena akan melalui pedesaan yang sangat indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar