Rabu, 18 Maret 2015

Dachau

Negara maju Jerman juga memiliki masa-masa kelamnya. Rezim Nazi mungkin menjadi sejarah Jerman yang paling terkenal. Sekitar 10 mil atau 16 km di barat laut kota Munich, terdapat kamp konsentrasi Nazi yang pertama.



Pada 22 Maret 1933, hanya beberapa minggu setelah terpilihnya Adolf Hitler sebagai Reich Chancellor atau Kanselir Jerman, dibangun sebuah kamp konsentrasi di Dachau. Kamp tersebut diperuntukan untuk tahanan politik dan tempat pelatihan untuk Schutzstaffel (SS). Schutzstaffel adalah pasukan elit khusus pertahanan Nazi, selalu menggunakan seragam hitam, para anggotanya hanyalah orang-orang yang berasal dari ras Aria murni, dan dikenal sebagai “gerbang kematian” bagi kaum Yahudi. Selama 12 tahun berdiri, Kamp Dachau sudah memenjarakan 200.000 orang dari seluruh penjuru Eropa. Sebanyak 41.500 orang dibunuh, termasuk kaum Yahudi, lawan politik, para homoseksual, kaum Gipsi, dan juga pendeta. Baru pada 29 April 1945 pasukan militer Amerika membebaskan Kamp Dachau yang berisikan 32.000 tahanan yang selamat. Kamp Dachau ini kemudian dijadikan sebagai situs memorial atas prakarsa para mantan tahanan yang masih hidup.

 

Memorial kamp konsentrasi Dachau ini masih berdiri sesuai dengan bangunan aslinya, di dalamnya terdapat ruang pameran, perpustakaan dan arsip, serta toko buku. Ruang pameran menceritakan tentang sistem kamp konsentrasi Nazi dan kehidupan di dalamnya. Para pengunjung akan mengikuti path of the prisoner atau jalur tahanan. Pengunjung akan melewati gerbang yang memajang moto sinis “Arbeit macht frei” (bekerja membuatmu bebas), kemudian ke ruangan dimana para tahanan ditelanjangi dan dipaksa untuk menyerahkan harta benda beserta identitas. Di Kamp Dachau kita juga dapat melihat penjara asli, kamar mandi yang berisi gas beracun, barak-barak, halaman penyiksaan, dan krematorium. Selain itu juga terdapat memorial religi dan kapel yang mencerminkan beragam agama yang ada di dalam kamp serta monumen peringatan yang dibuat oleh seniman Yugoslavia sekaligus korban holocaust yang selamat, Nandor Glid. Pengelola Dachau Concentration Camp Memorial menyediakan layanan audio guides dan tour guide bagi para pengunjung yang ingin didampingi selama melihat-lihat situs memorial. Audio guides merupakan layanan tour guide menggunakan rekaman audio yang memberi pengarahan dan penjelasan kepada pengunjung

Tur ini dipatok seharga €3,50 untuk pengunjung dewasa dan untuk pelajar sebesar €2,50. Sedangkan jasa tour guide akan memandu pengunjung berkeliling situs memorial selama 2,5 jam dengan harga € 3,00. Guide berbahasa inggris tersedia pukul 11.00 hingga 13.00. Kamp ini dibuka untuk umum mulai pukul 9.00 – 17.00 setiap hari, tanpa perlu melakukan reservasi dan biaya masuk gratis.
Perjalanan terdekat menuju Dachau bisa ditempuh selama 1 jam dari Munich dengan menggunakan komuter S2 tujuan Dachau/Petershausen. Turun di Stasiun Dachau lalu naiklah bus 726 tujuan Saubachsiedlung. Anda harus turun di gerbang Memorial Kamp Dachau (KZ-Gedenkstätte).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar