Rabu, 28 Januari 2015

Mengintip Rijkmuseum

 

Dengan koleksi yang hampir mencapai jumlah 1 juta karya seni, Rijksmuseum menjadi atraksi utama kota Amsterdam. Tempat ini juga merupakan museum seni dan sejarah terbesar di Belanda. Setiap tahunnya Rijksmuseum menarik ribuan pengunjung.

Foto: commons.wikimedia.org

Rijksmuseum sudah berdiri selama dua ratus tahun lebih. Pertama kali ia dibuka untuk publik adalah tahun 1800, saat itu museum ini masih bernama Nationale Kunstgallerij atau Museum Seni Nasional dan berada di Den Haag. Museum ini sempat berpindah-pindah tempat beberapa kali sebelum akhirnya menetap secara permanen di Amsterdam pada tahun 1808. Natinale Kunstgallerij berganti nama menjadi Rijksmuseum yang diberikan oleh Raja Wilem I di tahun 1885. Bangunan indah bergaya neo-Renaissance yang saat ini ditempati museum terbesar Belanda ini dirancang oleh arsitek Petrus J.H. Cuypers.

 

Rijksmuseum menjadi rumah dari 20 karya terbaik Rembrandt, termasuk lukisan populernya De Nachtwacht. Selain Rembrandt seniman yang karyanya dipamerkan di sana adalah Vermeer, Hals, Steen, Van Dyck dan banyak lagi. Pengunjung juga dapat menemukan masterpiece dari seniman Belanda lain yang berasal dari abad 15 hingga abad 19. Beberapa artefak juga menceritakan sejarah negeri kincir angin mulai dari abad pertengahan hingga abad 20. Tak hanya seni lukis, terdapat pula seni patung, pahatan, dan berbagai hiasan yang terbuat dari media berbeda-beda. Anda berkesempatan untuk melihat kerajinan tradisional seperti porselen, furnitur, perhiasan, pakaian, perunggu, tembaga, dan lain sebagainya. Di ruangan yang berbeda terdapat pameran khusus karya seni Asia. Cina, Jepang, India, dan Indonesia mendominasi pameran. Karya-karya tersaji dari beragam media, seperti batu khas Indonesia dan porselen cina.

Foto: www.paintingportraittips.com

Seni tak hanya ada di dalam gedung Rijksmuseum, tetapi di luar para pengunjung juga dapat beristirahat di taman yang indah. Lengkap dengan kolam buatan, pepohonan, tempat duduk, air mancur, dan hiasan patung. Setelah bersantai di taman Anda bisa minum kopi dan membeli suvenir di Rijksmuseum Shops and Café.
Ketiga fasilitas tersebut dapat dikunjungi tanpa menggunakan tiket setiap pukul 09.00 – 18.00. Sedangkan waktu operasi Rijksmuseum setiap harinya adalah pukul 09.00 – 17.00 dengan harga tiket masuk sebesar €15. Tiket bisa dibeli secara online maupun langsung di tempat. Untuk mencapai Rijksmuseum dapat menggunakan trem 2 dan 5 menuju Rijksmuseum atau trem 12 menuju Museumplein. Alternatif lain adalah dengan naik bus 145, 170, 172, atau 174 dan berhenti di halte Rijksmuseum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar