Minggu, 18 Januari 2015

Menara Eiffel

siapa sih yang tidak kenal menara eiffel ? menara yang sangat terkenal ini telah menjadi ikon global prancis dan merupakan salah satu bangunan bersejarah didunia. menara ini diresmikan pada tanggal 31 Maret  1889 menara yang terletak dikota paris ini dikenal juga dengan sebutan "la dame de fer"
kenapa diberi nama eiffel ?karena sebagai tanda penghormatan kepada Gustav Eiffel insinyur yang sudah membangun bangunan momentum ini. pada awalnya . Gustav eiffel berencana membangunnya dikota barcelona, Sepanyol
namun usulannya itu ditolak oleh pihak barcelona karena dianggap terlalu mahal untuk sebuah menara dengan rancangan yang aneh. lalu Gustav pun mengusulkannya kepada Prancis. usulannya tersebut diterima , dan kemudian Gustav mendirikan Menara Eiffel di Champ de Mars di tepi sungai seine di Paris .
 
 
 
ketika diresmikan pada tahun 1889 ,menara Eiffel menjadi menara tertinggi di Dunia. namun pada tahun 1930,gelarnya itu dikalahkan oleh bangunan baru yang disebut chryslr .Chryslr adalah gedung perkantoran pencakar langit di kota New York. Chryslr lebih tinggi 18 metr saat itu. namun pada tahun 1957 , untuk suatu keperluan sebuah antena tambahan  dipasang di atas menara Eiffel .dengan adanya antena tambahan tersebut menara Eiffel menjadi lebih tinggi dari pada gedung Chryslr.sekarang, menara eiffel adalah menara tertinggi kelima di Prancis
dan yang lebih istimewanya lagi menara eiffel ternyata memiliki 3 corak warna ,hal ini lantaran menara eiffel sangat tinggi sehingga perancangnya memutuskan untuk memberi 3 corak warna cat  untuk mendapatkan efek shading yang indah  . Ada pun bagian yang paling gelap ada pada fondasinya , warna yang lebih terang pada bagian tengahnya,dan yang paling terang untuk mengecat bagian paling atas menara.perawatan terhadap menara ini harus menghabiskan 60 ton kaleng cat setiap tujuh tahun sekali agar tidak berkarat 
 
         
 
tak hanya itu,didalam menara eiffel terdapat 2 restoran. pada tingkat pertama terdapat lestoran Altitude 95. dan pada lantai kedua terdapat sebuah lestoran Gastronomic yang mahal bernama Jules Verne .di sini anda bisa mencicipi masakan dari koko propesional tingkat dunia Alain Ducasse ,ia diminta untuk menjalankan Jules Varne pada bulan januari 2007
 
 
pada tahun 1912 ,Franz Reichelt adalah penemu perasut terjun di lantai 3 menara eiffel .Reichelt  ingin melakukan uji coba terhadap penemuan barunya yaitu jaket parasut . namun penemuan barunya itu tidak berfungsi sebagaimana mestinnya ,sehingga menyebabkan kematiannya.
 

selama perang dunia kedua . para tentara Perancis telah memotong kabel lift menara eiffel . mereka tidak ingin pihak lawan dapat menikmati pemandangan yang sangat menakjubkan diatas menara eiffel . Sehingga ketika kedudukan Nazi di prancis , Hitler harus memanjat sendiri menara ini untuk dapat mencapai ke atas . pada tahun 1944 ,lift di menara eiffel diperbaiki sehingga pihak sekutu mendapatkan akses bebas untuk ke atas .
miniatur kecil menara eiffel ini tersebar diseluruh dunia seperti di Lasvegas(Amerika),Gaunchzhou (Cina),Romania Slobozia,copenhagen(Denmark),varna(Bulgaria), aktau (kazakhztan), dan lainnya.
 
 
gustav eiffel mengabadikan nama 72 insinyur, ilmuan,matematikawan dancendekiawan Prancis pada menara eiffel.
pada tanggal 10 september 1889 , Thomas A.Edison mengunjungi menara eiffel ,ia kemudian menandatangani buku tamu dan menuliskan pesan kepada Gustav eiffel. pesannya itu berisi penghargaan atas kekaguman thoms terhadap hasil karya gustav Eiffel .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar