Rabu, 28 Januari 2015

Festival Kostum di kota air

 

Sebagian besar dari Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan kota Venice di Italia. Venice merupakan ibu kota Regione Veneto, Provinsi Venesia yang berada di sebelah utara Italia. Kota yang dikenal sebagai The City of Water ini pada dasarnya adalah sebuah kepulauan seluas 412 km² yang dikelilingi oleh perairan dan ditinggali sekitar 280.000 penduduk. Venezia memiliki beberapa destinasi wisata popular yang wajib untuk dikunjungi. Beberapa di antaranya bahkan menjadi salah satu tujuan wisata utama para pelancong mancanegara ketika berada di Italia. Namun tahukan Anda bahwa kota yang identik dengan perahu gondola ini juga memiliki sebuah festival rakyat yang sangat meriah? Adalah Carnevale d’Venesia, sebuah festival tahunan yang rutin digelar oleh pemerintah kota Venice.


Carnevale d’Venesia merupakan salah satu festival rakyat terbesar di Italia yang selalu dikunjungi oleh ribuan wisatawan mancanegara pada setiap tahunnya. Karnaval yang digelar setiap bulan Februari ini pertama kali dilaksanakan pada tahun 1929 sebagai perayaan publik Venesia. Sebuah dekrit dari senat meresmikan Carnevale d’Venesia sebagai tradisi masyarakat kota Venice yang terus dilestarikan hingga saat ini. Gagasan mengenai pelaksanaan festival ini dicetuskan oleh organisasi oligarki Venice sebagai konsesi kepada rakyatnya. Tujuannya tentu saja untuk memberikan hiburan yang menyenangkan bagi seluruh lapisan masyarakat kota air. Hal tersebut juga menjelaskan mengapa festival topeng mendominasi setiap pelaksanaan Carnevale d’Venesia. Topeng dianggap sebagai sarana pemersatu rakyat yang dapat menghilangkan kesenjangan akibat kelas sosial, jenis kelamin, atau agama. Dengan mengenakan topeng, semua masyarakat memiliki kedudukan yang sama di dalam perayaan tersebut.

 

Sebagai salah satu festival rakyat dengan jumlah pastisipan terbesar di Italia, popularitas Carnevale d’Venesia di luar Italia juga sangat baik. Karnaval ini selalu menarik para wisatawan dari negara-negara Eropa lain untuk turut serta di dalamnya. Carnevale d’Venesia diadakan selama dua minggu dengan menghadirkan berbagai acara dan panggung hiburan. Salah satu acara yang paling dinanti adalah flight of angel atau yang juga dikenal sebagai flight of colombina. Tradisi yang berasal dari Turki pada pertengahan tahun 1500 ini menyajikan tontonan sirkus dan berbagai akrobat menarik kepada pengunjung. Momen yang banyak menarik perhatian penonton adalah ketika seorang pemain sirkus menggantung pada sebuah kabel logam. Pemain sirkus tersebut akan melayang-layang beberapa saat sebelum akhirnya turun dari atas St Mark Bell Tower menuju Doge Palace. Sorak sorai penonton akan selalu menyemarakan suasana ketika pertunjukan ini berakhir.
Venice yang telah diakui sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO, memang selalu memancarkan pesona yang tidak akan terlupakan. Hal tersebut terbukti dari banyaknya pengunjung yang mengaku tidak pernah bosan berpartisipasi dalam Carnevale d’Venesia setiap tahunnya. Karnaval ini memiliki konsep baru dalam setiap penyelenggaraannya. Namun beberapa acara tetap seperti festival topeng, parade kendaraan unik, pesta kostum, flight of angel, festa delle marie, la colombina, panggung hiburan dan masih banyak lagi. Selain the Carnival of Venice, masih banyak festival rakyat lainnya yang tidak kalah menarik seperti Carnevale d’ IvreaCarnevale d’Acriale, Carnevale d’Putignano, Carnevale d’Cento, dan  Carnevale d’Ivrea.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar