Rabu, 28 Januari 2015

Amsterdam arenA

 

Amsterdam Arena adalah nama stadion yang terletak di kota Amsterdam, Belanda. Stadion tersebut merupakan yang terbesar di negeri kincir angin. Dibangun pada tahun 1993 dan selesai tiga tahun kemudian. Selama pembangunannya, total telah menghabiskan dana sebesar 140 juta Euro.
Semenjak diresmikan pada tanggal 14 Agustus 1996, Amsterdam Arena kerap digunakan sebagai stadion sepakbola, American football, konser musik, dan acara lainnya. Salah satu stadion kebanggaan warga Belanda ini memiliki teknologi retractable roof atau atap yang bisa membuka dan menutup secara otomatis.

 

Sebagai stadion terbesar, tentu Amsterdam Arena mampu menampung banyak audience. Ketika digunakan untuk laga sepakbola, stadion ini memiliki kapasitas tempat duduk hingga lebih dari 50 ribu kursi. Bila dipakai untuk konser musik dengan menggunakan panggung di tengah lapangan, maka Amsterdam Arena siap dibanjiri lebih dari 60 ribu orang.

 

Sejak tahun 1996, Amsterdam Arena menjadi kandang klub sepakbola AFC Ajax yang bermain di Liga Eredivisie. Laga perdana untuk upacara pembukaan melibatkan AFC Ajax yang menjamu AC Milan. Namun sayangnya pertandingan ini dimenangkan oleh sang tamu, dengan 3 gol tanpa balas. Nama yang tercatat sebagai pencetak gol pertama di stadion ini adalah Dejan Savićević.
Setelah itu Amsterdam Arena kerap digunakan untuk pertandingan – pertandingan penting berskala internasional. Beberapa diantaranya adalah UEFA Champions League Final tahun 1998 yang mempertemukan Real Madrid dengan Juventus, serta UEFA Europa League Final tahun 2013 antara Chelsea versus SL Benfica.
Seperti telah dijelaskan di atas bahwa Amsterdam Arena juga bisa digunakan sebagai lokasi konser musik dengan skala masif. Tina Turner tercatat sebagai penampil pertama di sini. Lebih dari 150 ribu orang memadati stadion yang digelar selama tiga hari berturut – turut, mulai tanggal 6 – 8 September 1996.
Michael Jackson berhasil mengekor kesuksesan Tina Turner selama HIStory World Tour yang digelar di sini. Selama lima hari, total pengunjung yang hadir di konser the King of Pop ini mencapai 250 ribu fans (50 ribu orang per hari).

 

Kesuksesan demi kesuksesan konser membuat banyak musisi yang tak ragu memilih Amsterdam Arena sebagai lokasi unjuk gigi. Beberapa diantaranya adalah The Rolling Stones, Back Street Boys, Bon Jovi, Robbie Williams, Take That, David Bowie, Genesis, U2, Madonna, dan Muse.
Dengan kemegahan dan segala fasilitas mumpuni, Amsterdam Arena layak Anda jadikan destinasi liburan ketika di Belanda. Aksesnya pun mudah, misalnya jika Anda dari European Language Centre, naik saja bus umum nomor 44, 45, 66 dan 355 menuju stadion, perjalanan tersebut membutuhkan waktu kurang lebih 17 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar