Sabtu, 24 Januari 2015

Mengintip Indahnya MOscow Kremlin

Jika Amerika punya White House, maka Rusia punya Kremlin. Sebagai kantor resmi Presiden Rusia, Benteng Kremlin menjadi destinasi nomor satu di Moskow. Komplek Kremlin menawarkan banyak bangunan bersejarah yang indah.
"Belum ke Rusia jika belum ke Kremlin." Banyak orang bilang begitu, seakan negara luas itu sungguh identik dengan Kremlin. Namun, Anda tak akan bisa membayangkan kemegahan sekaligus keindahan Benteng Kremlin jika tak menatapnya dari dekat. Mengunjungi Benteng Kremlin adalah wisata arsitektur, politik, sekaligus sejarah.

 

Kata 'Kremlin' dulu mengacu pada jajaran pemerintah Uni Soviet pada tahun 1922-1991. Anggotanya terdiri dari para Presiden, Perdana Menteri, Sekretaris, Menteri, dan Komisaris. Sekarang, nama Kremlin dianugrahkan pada sebuah komplek benteng yang berisi 4 istana, 4 katedral, juga Kremlin Wall dan Kremlin Towers.

 


Terletak di jantung kota Moskow, Benteng Kremlin bertengger cantik di sebelah Sungai Moskow. Sisi timurnya menghadap ke Red Square atau Lapangan Merah, yang bersama-sama dengan Benteng Kremlin menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Komplek ini dulunya menjadi tempat tinggal para Tsar. Sekarang, menjadi kantor resmi Presiden dari Federasi Rusia.

 

Kira-kira apa saja yang ada di balik tembok sepanjang lebih dari 2 kilometer dan tinggi 19 meter ini?

Ada 4 istana, 4 katedral, juga Kremlin Wall dan Kremlin Towers yang mengisi komplek luas ini. Cathedral Square merupakan jantung Kremlin. Area ini dikelilingi oleh enam bangunan, termasuk tiga katedral yaitu Cathedral of the Annunciation, Cathedral of the Archangel Michael, dan The Cathedral of the Dormition.

Mengutip situs resmi Kota Moskow, moscowcity.com, gereja yang disebut terakhir itu merupakan tempat penobatan bagi para raja. Desain fasad yang terbuat dari pahatan batu kapur sangat cantik menyatu dengan interior yang indah. Di sini juga terdapat balai senjata, tempat menyimpan beragam barang pusaka termasuk kereta kuda, mahkota, pakaian, perhiasan dan senjata kepunyaan Tsar.

Arsitektur yang paling terkenal di Kremlin adalah St Basil Cathedral. Bentuk berpilin dari kubahnya serta warna-warni yang cerah pasti akan memikat sudut mata Anda. Kubah-kubahnya yang cantik terkenal ke seluruh dunia, bahkan menjadi ikon game jadul Tetris. Katedral ini juga sering menjadi lokasi syuting film.

 


Benteng Kremlin itu sendiri, yang biasa disebut Kremlin Walls, dibangun antara tahun 1485-1495 masehi. Benteng inilah yang melindungi wilayah Kremlin, dengan luas total 68 hektar. Sementara Kremlin Towers, didesain oleh seorang arsitek Italia bernama Petrus Antonius Solarius. Awalnya ada 18 Kremlin Towers yang dibangun mulai abad ke-17, dan jumlahnya bertambah hingga sekarang.

Menara tertingginya adalah Troizkaya, yang dibangun pada 1945 dan menjulang setinggi 73,9 meter. Dilapisi oleh kayu, menara ini juga berbahan dasar bata merah yang mencirikan bangunan berabad-abad silam.

Bangunan yang juga menjadi ikon di komplek ini adalah Ivan the Great Bell Tower. Menara ini terletak di sebelah timur laut komplek Kremlin. Dulu, sekitar tahun 1600-an masehi, 21 buah lonceng di menara ini akan berbunyi ketika musuh mendekat. Persis di sebelah menara ini, terdapat bel terbesar di dunia yaitu Tsar Bell.

Bangunan tua lainnya adalah Terem Palace, yang dulu menjadi rumah keluarga kerajaan. Dekat dengan istana ini, terdapat pula Grand Kremlin Palace yang luas dan megah. Di dalamnya terdapat ruangan luas khusus resepsi, tangga merah ikonik untuk seremoni, serta apartemen pribadi yang dulu digunakan oleh para Tsar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar