Rabu, 28 Januari 2015

Mengintip Markas Besar Raksasa Jerman


Penggemar sepak bola dan arsitektur tidak boleh melewatkan Allianz Arena dalam lawatan tur ibu kota Bayern. Allianz Arena merupakan markas klub Bayern München, klub penguasa Bundesliga dan Liga Eropa musim lalu. Pembangunan Allianz Arena dilakukan tahun 2002 dan selesai pada tahun 2005, stadion ini menggantikan stadion lama Olympiastadion. Pembangunannya memakan biaya € 340 juta. Namun biaya sebesar itu memang pantas untuk sebuah stadion megah dan modern. Allianz Arena tidak hanya menyuguhkan lapangan rumput, bangku stadion, dan kamar ganti pemain. Stadion kebanggaan warga Munich ini memiliki arsitektur dan teknologi yang dapat membuat para pengunjungnya berdecak kagum dan bangga pernah menginjakkan kaki di dalamnya.

AA-2 

Allianz Arena terletak di tepi utara kota Munich, tepatnya di Fröttmaning. Home base Bayern München ini merupakan stadion pertama di dunia yang menggunakan teknologi perubahan warna pada bagian luarnya. Eksterior Allianz Arena menggunakan teknologi ETFE-foil air panels, di mana dindingnya bergelembung dan bisa berubah warna. Perubahan warna disesuaikan dengan tim yang sedang bermain. Stadion ini memiliki kapasitas 71.000 penonton, memiliki tempat parkir underground terbesar di Eropa, empat ruang ganti pemain, empat ruang ganti pelatih, dan dua ruang ganti wasit. Schlauchboot (perahu tiup, julukan Allianz Arena) juga dilengkapi dua area untuk pemanasan pemain seluas 110 m2 per area, beberapa sel penjara untuk hooligans (supporter yang rusuh), 550 toilet, dan 190 monitor. Saat Bayern München bertanding, sebanyak 70.000 tiket bisa cepat terjual habis. Dibutuhkan keberuntungan jika Anda ingin menonton pertandingan langsung di stadion ini.

 

 

Pihak pengelola stadion menawarkan tur keliling Allianz Arena dengan harga tiket per orang € 10 (dewasa). Tidak perlu reservasi tiket, meskipun kemungkinan terdapat waiting list saat akan memulai tur. Tur dibuka setiap hari kecuali pada saat match day (ketika ada jadwal pertandingan) mulai pukul 11.00 – 16.30 selama 75 menit. Sedangkan tur berbahasa Inggris dimulai pada pukul 13.00. Tur Allianz Arena ini tidak hanya mengajak untuk melihat ruang ganti pemain, tetapi juga berjalan di lorong pemain hingga menginjakkan kaki di rumput Allianz Arena. Pada malam hari lampu ekterior stadion menjadi pemandangan yang sempurna. Stadion bisa berwarna merah (warna Bayern München) atau putih dan biru (warna bendera Bavaria). Dari pusat kota menuju Allianz Arena Anda cukup menempuh perjalanan selama 16 menit menggunakan kereta subway U6 tujuan Graching-Forschungszentrum. Anda berhenti di pemberhentian Fröttmaning dan berjalan kaki mengikuti marka menuju Markenwelt di lantai 3.

 File:Allianz Arena at night.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar