Minggu, 18 Januari 2015

Kota Sepeda Amsterdam

Belanda adalah kiblatnya sepeda, hingga saat ini belum ada negara lain yang mampu menyaingi Belanda dalam hal bersepeda. Ibu kotanya, Amsterdam, merupakan kota paling ramah terhadap pengendara sepeda. Tak terkecuali untuk wisawatan, mengayuh sepeda merupakan cara terbaik dan efektif untuk mengenal Venesia dari utara itu.


Di Amsterdam mudah sekali ditemui orang-orang berdasi dan jas mengendarai sepeda ke kantor, ibu rumah tangga bersepeda ke pasar, ayah jalan-jalan membonceng dua anaknya di atas sepeda, hingga siswa pun bersepeda ke sekolah. Pemerintah kota pernah mengklaim bahwa di kota mereka terdapat lebih dari 600.000 sepeda. Mereka memang serius dalam menekan jumlah kendaraan bermotor dengan memfasilitasi jalur sepeda hingga 400 kilometer. Selain itu parkir sepeda pun gratis, berbeda dengan parkir mobil yang biayanya mencapai €7 per jam. Bahkan di Centraal Station Amsterdam sudah ada garasi khusus sepeda.

  


Jalanan sempit berkelok peninggalan abad 17 di Amsterdam memang cocok untuk dijelajahi menggunakan sepeda. Namun hati-hati, karena setiap jalan memiliki ciri yang hampir mirip sehingga bisa membuat wisatawan tersesat. Jadi jangan lupa untuk membekali diri dengan peta. Tempat rental sepeda tersebar di seluruh pelosok Amsterdam, mayoritas berada di daerah-daerah wisata. Harga sewa sepeda bervariasi, untuk sewa seharian berkisar €8 – €12. Sedangkan jika ingin menyewa sepeda lebih dari satu hari harganya rata-rata €5 per hari. Harga tersebut tergantung pada jenis sepeda yang disewa dan pasti lebih murah dari naik transportasi publik lain. Ada sepeda untuk anak, sepeda dengan rem tangan, hingga sepeda tandem. Sepeda yang banyak digunakan di Amsterdam biasanya sepeda pedal. Sepeda jenis ini tidak memiliki rem dan gigi, jika ingin

 

berhenti maka penunggang harus memutar pedalnya ke belakang, mirip dengan sepeda fixie (fixed gear). Dengan bersepeda kita akan mudah jalan-jalan ke Dam Square, berkeliling Jordaan, mengunjungi Museum Stedelijk, bahkan hingga ke Pantai Zandvoort.
Perusahaan rental biasanya akan meminta photo copy identitas, seperti ktp atau passport, dan deposit berupa kartu kredit atau uang sebesar €50 – €200 per sepeda. Deposit itu akan dikembalikan setelah penyewa mengembalikan sepeda. Kita juga bisa memilih untuk mendapatkan asuransi pencurian dengan membayar ekstra €1,50 – €4 per hari. Penyewaan sepeda ini sudah include gembok, helm, dan beberapa tempat sewa memberikan peta. Tingkat kecelakaan sepeda di Amsterdam sangat rendah, terlebih yang menyebabkan cedera parah. Sehingga mayoritas penduduk tidak menggunakan helm. Beberapa tempat rental sepeda yang populer dan terpercaya antara lain MacBike, Yellow Bike, Bike City, dan Mike’s Bike Tour.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar