Senin, 25 Agustus 2014

NEGARA DENGAN KELEBIHAN DAN KEUNIKANNYA

1. INDONESIA : Negara dengan 17.500 lebih pulau.

 http://www.vidiani.com/maps/maps_of_asia/maps_of_indonesia/large_topographical_map_of_indonesia.jpg

http://besttropicalbeachvacations.com/wp-content/uploads/2012/11/Raja_Ampat_Indonesia.jpg

 

Indonesia adalah negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara dan dilewati garis Khatulistiwa. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari lebih dari 17 500 pulau. Indonesia juga mempunyai  garis pantai total 81.350 km dan merupakan yang terpanjang ke-2 setelah Kanada. Ada sekitar 6.000 pulau yang berpenghuni. Yang terpadat adalah pulau Jawa (bahkan menjadi pulau terpadat di dunia). Pulau besar lainnya adalah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Lombok, dan Papua.Sisanya pulau-pulau kecil berpenghuni juga ada yang tidak berpenghuni. Indonesia juga berisi 10-15 persen terumbu karang di dunia.

2. BELANDA : Negara di bawah permukaan laut


http://www.pbl.nl/sites/default/files/cms/afbeeldingen/nap_dijkringen_en_72dpi.jpg


 http://matamata.com/media/polder.jpg

 http://www.directdutch.com/wp-content/uploads/2013/07/polder-624x435.jpg



Belanda secara geografis merupakan negara berpermukaan rendah, dengan kira-kira 20% wilayahnya dan 21% populasinya berada di bawah permukaan laut, dan 50% tanahnya kurang dari satu meter di atas permukaan laut. Banyak tanah rendah dikawal oleh dijk dan dinding laut. Sebagian kawasan di Belanda, misalnya daerah Flevoland, mesti direklamasi. Kawasan yang direklamasi itu disebut polder. Salah satu konstruksi yang terkenal ialah Afsluitdijk (Penutup Tanggul), yang memisahkan danau IJssel (IJsselmeer, dulunya disebut laut Zuider atau Zuiderzee) dengan laut Wadden (Waddenzee). Panjang dari tanggul ini 32 km dan lebarnya 90 m. Negara ini dibagi menjadi dua bagian utama oleh sungai Rhine (Rijn), Waal, dan Maas.
Arah angin yang utama di Belanda ialah barat daya, yang menyebabkan iklim kepulauan yang sederhana, dengan musim panas yang dingin dan musim sejuk yang sederhana. Kenyataan yang unik ini terabadikan dalam namanya: Nederland (bahasa Belanda), yang artinya "negeri-negeri berdaratan rendah"; nama ini pun digunakan dengan beberapa variasi dalam bahasa-bahasa Eropa lainnya. Sebagian besar daratan yang berada di bawah permukaan laut adalah hasil campur tangan manusia, ini disebabkan oleh ekstraksi gambut yang meluas dan kurang terkontrol selama berabad-abad dan merendahkan permukaan setinggi beberapa meter. Bahkan di wilayah banjir ekstraksi gambut tersebut dilanjutkan melalui pengerukan. Sejak akhir abad ke-16 reklamasi daratan dimulai; kemudian wilayah polder yang luas kini dilestarikan dengan mengelaborasi sistem drainase yang melibatkan beberapa tanggul, terusan, dan stasiun pompa. Sebagian besar wilayah Belanda dibentuk oleh estuaria tiga sungai penting Eropa, yang secara bersama-sama dengan anak-anak sungainya membentuk delta Rhein-Maas-Schelde. Sebagian besar wilayah negara ini sangatlah datar, dengan perkecualian di kaki-kaki bukit di tenggara-jauh dan beberapa deret perbukitan di bagian tengah.Salah satu bentuk muka yang menarik di Belanda ialah permukaan tanahnya sangat rata. Hampir separuh daripada negara Belanda berada kurang 1 meter dpl. Walaupun demikian, provinsi Limburg, yang berada di bagian tengara negeri Belanda, sedikit berbukit. Permukaan tertinggi ialah Vaalserberg, yang berada di provinsi Limburg, mempunyai ketinggian 321 m. Permukaan yang terendah ialah Nieuwerkerk aan den IJssel, yang berada 6.76 dibawah permukaan laut.

3. AUSTRALIA : Negara Benua

 

Australia adalah satu-satunya negara di dunia, yang mencakup seluruh benua, di setiap benua lain memiliki lebih dari satu negara. Ini adalah satu-satunya negara yang merupakan benua dan benua yang merupakan negera. Ini adalah negara terbesar keenam di dunia, dengan total luas 7686850 km persegi (2967909 mil persegi), hanya sedikit lebih kecil dari 48 negara bagian AS, namun 31,5 kali lebih luas dari Inggris.


4.   RUSIA : Negara Terluas di Dunia

 https://depts.washington.edu/fasdpn/images/russia.jpg


 http://russiatrek.org/images/photo/ingushetia-russia-nature.jpg

http://www.graciemag.com/en/wp-content/uploads/2014/08/moscow_2514535b.jpg

 

 Federasi Rusia adalah sebuah negara yang membentang dengan luas disebelah timur Eropa dan utara Asia. Dengan wilayah seluas 17.075.400 km², Rusia adalah negara terbesar di dunia. Negara ini dahulu pernah menjadi negara bagian terbesar Uni Soviet. Rusia adalah ahli warisutama Uni Soviet; negara ini mewarisi 50% jumlah penduduk, 2/3 luas wilayah, dan kurang lebih 50% aset-aset ekonomi dan persenjataannya. Kota- kota besar di Rusia antara lain Moskow, Saint Petersburg, Nizhny Novgorod, Yekaterinburg, Samara, Omsk, Kazan, Chelyabinsk, Rostov na Donu, Ufa, Volgograd, Perm, Krasnoyarsk, Saratov, Voronezh, Tolyatti, Krasnodar, Ulyanovsk, dan Izhevsk.

5. KANADA : Negara 3 juta Danau

 

http://cache.desktopnexus.com/thumbnails/4324-bigthumbnail.jpg

 Jumlah danau di Kanada, adalah lebih dari 60 persen dari semua danau di dunia, sebegitu banyaknya sehingga jumlah pasti mereka tidak diketahui. Di beberapa daerah, untuk setiap 100 kilometer persegi, rata rata ada lebih dari 30 danau.

6. VATIKAN : Negara terkecil di dunia

 http://news.bbcimg.co.uk/media/images/60096000/jpg/_60096195_vatican_aerial_g.jpg

 Salah satu negara terunik di dunia adalah Vatikan. Inilah negara terkecil di dunia, luasnya hanya 44 hektar. Negara ini terletak di tengah kota Roma, Italia.Meskipun mungil, ini adalah tempat paling penting untuk umat Katolik di dunia. Di negara inilah Paus, pemimpin umat Katolik, bertahta.

7.  LIBYA : Negara Gurun Pasir

http://nice-cool-pics.com/data/media/21/desert_oasis__libyan_desert__libya.jpg

 Libya adalah negara dengan persentase gurun pasir tertinggi (99%). Gurun Libya, yang meliputi sebagian besar Libya, adalah salah satu tempat paling kering di Bumi. Di beberapa daerah bisa puluhan tahun tanpa hujan, dan bahkan curah hujan yang tinggi jarang terjadi, sekali dalam 5-10 tahun

8.  MONGOLIA : Negara Kepadatan Penduduk Terendah

http://www.un.org/News/dh/photos/large/2013/February/02-22-unep-mongolia.jpg

Negara dengan kepadatan penduduk terendah di dunia adalah Mongolia, kepadatan penduduk, sekitar 4,4 orang per mil persegi (1,7 orang/km persegi.). Di Mongolia, 2,5 juta orang menempati lebih dari 600.000 mil persegi tanah (sekitar 1,56 juta km persegi.) Sebagian besar penduduk hidup di daerah perkotaan karena pembangunan di padang pasir yang luas dan padang rumput Mongolia sulit dilakukan, terutama karena kekeringan dan badai debu, mengakibatkan sebagian besar daerah di negara ini hampir tidak berubah sejak masa Jenghis Khan.

9.  MAKAU : Negara Kepadatan Penduduk Tertinggi

  http://i.telegraph.co.uk/multimedia/archive/02770/Macau_skyline__sum_2770632k.jpg

Makau adalah sebuah wilayah kecil di pesisir selatan Tiongkok yang memiliki kepadatan penduduk tertinggi. Yaitu sekitar18,568/km2

10. UKRAINA : Negara dengan Penurunan Penduduk Tertinggi

 http://www.mapofukraine.net/kyiv/pyrohiv/img/pyrohiv_museum.jpg

Negara dengan penurunan fertilitas tertinggi adalah Ukraina, dengan penurunan populasi alami sekitar 0,8% setiap tahunnya. Ukraina diperkirakan akan kehilangan 28% dari populasinya di tahun 2050 (dari 46,8 juta hari ini menjadi 33,4 juta di 2050).


11. SURINAME : Negara di dalam Hutan

 http://www.wondermondo.com/Images/SAmerica/Suriname/Sipaliwini/Voltzberg.jpg

 Luas hutan negara ini adalah 14,8 juta hektar (57 000 mil persegi), atau 91% dari total daerah Suriname (16,3 juta hektar, atau 63 000 mil persegi). Luasnya hutan di Suriname dan jumlah penduduk yang sedikit, sekitar 400 ribu orang yang tinggal di ibukota dan di pesisir, membuat negara ini menjadi negara dengan tingkat deforestasi terendah di dunia. Hanya 5 persen dari penduduk suriname tinggal di hutan tropis, mereka adalah suku-suku asli dan enam suku kulit hitam yang adalah keturunan dari pelarian budak yang kemudian membentuk masyarakat hutan seabad yang lalu dan sampai hari ini mempertahankan adat tradisional Afrika Barat

12.  FINLANDIA : Negeri 1000 danau

 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEimJnWIru3-rliomuVWLXoEex4Gi5JQwSrIKeb1rTOIoq2XwhfP0p4YhOddA7ToUZngOo1ZQ4cdMb9OG2gARyRfvv_j6-o6BIGkg7_L8JjpnkA6NAgGlCrZcgeSdgh3cgF_nKT7uma8cL4/s1600/Lake+Finland.jpg

Finlandia dikenal dengan sebutan negeri seribu danau karena memiliki 187.888 danau dan 60.000 diantaranya tergolong danau besar.

13. ISLANDIA : Tanah Api dan Es

http://rainbowwarrior2005.files.wordpress.com/2010/04/eruption2.jpg

 http://images.nationalgeographic.com/wpf/media-live/photos/000/417/cache/hot-springs-iceland_41726_600x450.jpg

Ketika mendengar nama Islandia [harfiah, Negeri Es], kita mungkin akan membayangkan es, salju, dan rumah iglo. Kesan dingin itu akan bertambah apabila kita melihat peta. Tidak banyak orang tinggal di tempat yang begitu jauh di utara seperti Islandia. Bayangkan saja, ujung utara negeri pulau ini hampir menyentuh Lingkaran Arktik, dekat sekali dengan Kutub Utara. Akan tetapi, sebenarnya Islandia tidaklah sedingin nama serta lokasinya.Islandia disebut negeri es dan api, dan sebutan itu cocok. Gletser meliputi sekitar sepersepuluh bagian negeri itu. Ada juga api—di Islandia terdapat banyak kegiatan gunung berapi dan panas bumi. Banyak gunung berapi telah meletus di sana, dan selama beberapa abad terakhir ini, rata-rata terjadi letusan setiap lima atau enam tahun. Mata air panas juga banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar